468x60 Ads

Macam-Macam Program Presentasi


Perkembangan teknologi telah membawa perubahan besar terhadap tatanan dan cara hidup manusia. Setiap jenis pekerjaan dituntut untuk dapat dikerjakan dengan cara yang cepat dan tepat dan solusi terbaik adalah penggunaanTeknologi Informasi. Begitu pula dengan program aplikasi terutama yang berfungsi untuk presentasi.

Dibawah ini adalah program aplikasi presentasi berserta kelebihannya :
1. Microsoft Powerpoint
 
Microsoft Power Point merupakan sebuah software yang dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan Microsoft, dan merupakan salah satu program berbasis multi media. Didalam komputer, biasanya program ini sudah dikelompokkan dalam program Microsoft Office.

Program ini dirancang khusus untuk menyampaikan presentasi, baik yang diselenggarakan oleh perusahaan, pemerintahan, pendidikan, maupun perorangan, dengan berbagai fitur menu yang mampu menjadikannya sebagai media komunikasi yang menarik.

Beberapa hal yang menjadikan media ini menarik untuk digunakan sebagai alat presentasi adalah berbagai kemampuan pengolahan teks, wana, dan gambar, serta animasi-animasi yang bisa diolah
sendiri sesuai kreatifitas penggunanya.

Pada prinsipnya program ini terdiri dari beberapa unsur rupa, dan pengontrolan operasionalnya. Unsur rupa yang dimaksud, terdiri dari slide, teks, gambar dan bidang-bidang warna yang dapat dikombinasikan dengan latar belakang yang telah tersedia. Unsur rupa tersebut dapat kita buat tanpa gerak, atau dibuat dengan gerakan tertentu sesuai keinginan kita.

Keunggulan :

·         Terdapat pencarian menggunakan task pane yang mudah digunakan
·         Microsoft telah meng update dan menambahkan untuk clip art
·         Dapat menjalankan klip video secara full screen
·         PowerPoint viewer telah diperbaharui jadi setiap orang yang melihat semua affect untuk presentasi tanpa membuka program Powerpoint
·         Kelebihan baru dapat membuat auto run CD untuk anda lengkap dengan PowerPoint viewer yang baru
·         Slide show navigation buttons telah diperbaharui dan anda dapat melihat penjelasannya di Powerpoint
2. KPresenter

Program pembuat presentasi yang satu ini sepertinya memang mengerti kebutuhan Anda. Dengan interface yang indah dan mudah, pembuatan presentasi menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Kali pertama dibuka, sebuah window akan ditampilkan, dan kita dapat memilih untuk membuat presentasi sesuai template yang telah tersedia. Kita dapat pula memulai dengan dokumen kosong apabila ingin mencoret-coret dalam sebuah kertas kosong. Di window ini pula, Anda dapat membuka dokumen presentasi yang pernah Anda buat sebelumnya. Untuk menghasilkan presentasi yang berkualitas tinggi dalam waktu sekejap, Anda dapat memilih untuk mengikuti template. Pilihlah tab screenpresentations. Kemudian, pilihlah template yang Anda inginkan. Sebuah layar edit pun akan dibuka untuk Anda. Dari template yang Anda pilih, Anda dapat mengubah berbagai teks ataupun elemen lainnya. Untuk mengubah teks, kliklah dua kali pada teks tersebut dan ketiklah teks yang baru.

Secara umum, fungsi-fungsi pemformatan untuk font dapat diakses dengan mudah melalui shortcut-shortcut yang umum. Penekanan kombinasi tombol CTRL-B (berfungsi untuk menebalkan teks) tentunya akan lebih cepat dan mudah dilakukan apabila Anda terbiasa bekerja dengan shortcut. Sayangnya, beberapa shortcut seperti shortcut untuk memasukkan gambar terasa cukup aneh.

Saatnya menambahkah sedikit efek. Presentasi yang dilengkapi dengan berbagai efek dalam batas wajar tentunya akan terlihat lebih menarik. Di KPresenter, penambahan efek dapat dapat dilakukan dengan mengakses menu screen presentations|configure pages.

Apabila Anda ingin membuat presentasi yang relatif sederhana, rasa-rasanya Anda perlu untuk membuang banyak toolbar agar bekerja lebih menjadi lebih menyenangkan. Untuk menjalankan presentasi, pilihlah menu screen presentations|start. Penulis tidak dapat menemukan shortcut yang sama seperti kebanyakan program pembuat presentasi.

Bagi yang sering bepergian, Anda dapat menyimpan hasil presentasi Anda sebagai halaman web. Nah, dalam urusan yang satu ini, wizard yang disertakan oleh program ini akan terasa banyak membantu. Cukup pilih saja menu File|create HTML slideshow, dan Anda akan langsung dipandu. Sayangnya, bagi Anda yang terbiasa bekerja dengan Microsoft Office, beberapa shortcut dan toolbar memang boleh dikatakan berbeda. Hal tersebut akan terasa cukup mengganggu, apalagi jika Anda bukan seorang pembuat presentasi yang ulung.

Bicara fitur, program yang satu ini jelas menawarkan banyak sekali. Mulai dari integrasinya dengan aplikasi KOffice yang lain sampai berbagai kemudahan yang disertakan. Kerja sama KPresenter dengan aplikasi presentasi lainnya pun dapat diacungi jempol.

3. OpenOffice Impress (Presentation)

Tidak jauh berbeda dengan Writer atau TextDocument yang mirip MS Word, dan SpreadSheet (Calc) yang mirip dengan MS Excel, Presentation (Impress) ini juga sangat mirip dengan MS PowerPoint.

Semua dokumen presentasi yang pernah dibuat dengan MS PowerPoint juga dapat dibuka secara langsung dengan Presentation dari OpenOffice. Termasuk desain background dan animasinya. Sedikit catatan dari penulis, OpenOffice yang kita dapat, baik itu dari membeli atau melalui download dari www.openoffice.org ataupun yang didapat dari sisipan majalah InfoLINUX, umumnya belum disertai dengan bakground desain presentasinya. Untuk itu, bisa kita atasi dengan cara meng-copy semua file Presentation ataupun Design Template dari PowerPoint atau StarOffice dan kita letakkan ke dalam direktori Share\Template\English dari OpenOffice.

Berikut ini contoh menambah slide yang akan dibuat:

-Insert|Slide yang ditunjukkan dalam Gambar disamping. Presentation dari OpenOffice ini juga dapat menyimpan (Save As) hasil kerja Anda ke dalam format file MS PowerPoint.
-File|Save As, pada bagian Save as type, pilih Microsoft PowerPoint97/ 2000/XP, kemudian Save.
Tidak hanya itu, dengan OpenOffice Impress Anda juga bisa menambahkan suara dalam presentasi yang segera akan Anda lakukan. Jadi, sebenarnya tidak ada yang tidak mungkin di Linux. Khusus untuk aplikasi office, OpenOffice bisa menjadi pilihan Anda.

4. Magic Point

MagicPoint adalah suatu alat bantu presentasi berbasis XWindow. Alat bantu ini didisain untuk membuat presentasi yang sederhana dan mudah dan juga memungkinkan membuat suatu presentasi yang komplek. Magic Point (mgp) merupakan program presentasi yang dapat dijalankan pada lingkungan Unix atau Linux. Program ini diitulis oleh Yoshifumi Nishida <nishida@sfc.wide.ad.jp>. Pada awalnya program ini disusun ketika proyek WIDE di tahun 1997 dan diberi nama TinyPoint. Tersedia secara bebas di : http://www.mew.org/mgp/

File MagicPoint (dengan akhiran .mgp) adalah file teks biasa, sehingga dapat dibuat dengan cepat dengan menggunakan editor teks apa saja (misal jed, pico, vi, atau emacs, dan sebagainya). Paket mgp ini juga menyertakan

beberapa utilitas lainnya yaitu :
§  mgp2ps
§  mgpembed
Pada direktori sample yang disediakan MagicPoint tersedia beberapa file penting yaitu :
§  default.mgp. File style utama
§  mgprc-sample. Contoh file konfigurasi .mgprc
§  sample.mgp. Contoh demonstrasi kemampuan MagicPoint
§  tutorial.mgp. Petunjuk penggunaan Magic Point
§  gradation.mgp. Contoh gradasi
§  Beberapa contoh presentasi
§  dns.mgp. Contoh presentasi mengenai DNS
§  v6.mgp. Contoh presentasi mengenai IPv6
§  sendmail6.mgp. Contoh presentasi mengenai sendmail
§  multilingual.mgp. Contoh penggunaan dengan banyak bahasa.
§  embed.mgp. Contoh dengan mgpembed

0 komentar:

Poskan Komentar